Wednesday, October 4, 2023

Modul 2 Kerangka Dasar Penyusunan KOSP Platform Merdeka Mengajar

 

Kurikulum operasional dalam satuan pendidikan merupakan dokumen yang bersifat dinamis, di mana bisa diperbaharui secara berkesinambungan, dapat dijadikan referensi dalam keseharian, dan dapat direfleksikan serta dikembangkan.

 

Dalam menyusun KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan), sekolah diberikan wewenang untuk menentukan format dan sistematika penyusunannya. KOSP dikembangkan dan dikelola dengan mengacu kepada struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah dan menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah. Beberapa prinsip penyusunan Kurikulum Operasional Satuan pendidikan adalah sebagai berikut :

1.       Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.

2.      Kontekstual, menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).

3.      Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.

4.      Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.

 

 

Komponen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Ada 4 (empat) komponen utama KOSP dalam mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, yaitu Karakteristik satuan pendidikan; Visi, misi, dan tujuan; Pengorganisasian pembelajaran; dan Perencanaan pembelajaran.

 

1. Karakteristik satuan pendidikan

Dari analisis konteks, diperoleh gambaran mengenai karakteristik satuan pendidikan, termasuk peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan sosial budaya. Untuk SMK, karakteristik melingkupi program keahliannya.

 

2. Visi

Menggambarkan bagaimana peserta didik menjadi subjek dalam tujuan jangka panjang satuan pendidikan dan nilai-nilai yang dituju berdasarkan hasil analisis karakteristik satuan pendidikan

Nilai-nilai yang mendasari penyelenggaraan pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD)

 

3. Misi

Misi menjawab bagaimana satuan pendidikan mencapai visi. Nilai-nilai penting yang diprioritaskan selama menjalankan misi

 

4. Tujuan

Tujuan akhir dari kurikulum satuan pendidikan yang berdampak kepada peserta didik. Tujuan menggambarkan tahapan-tahapan (milestone) penting dan selaras dengan misi Strategi satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan Kompetensi/karakteristik yang menjadi kekhasan lulusan suatu satuan pendidikan dan selaras dengan profil pelajar Pancasila.

Komponen utama yang ditinjau setiap 4-5 tahun

Karakteristik Satuan Pendidikan

Visi, misi, dan tujuan

Komponen utama yang ditinjau setiap tahun

Pengorganisasian pembelajaran

Rencana pembelajaran

Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional

Lampiran

Implementasi Kurikulum Operasional Berdasarkan Tingkat Kesiapan Satuan Pendidikan

 

1, Latihan Pemahaman

A. Prinsip Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Berikut yang BUKAN merupakan prinsip dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah . . . .

Jawaban : terukur

B. Komponen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Berikut ini merupakan komponen kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …

Jawaban : Evaluasi pembelajaran

Berikut ini yang merupakan komponen yang ditinjau setiap tahun pada kurikulum operasional di satuan pendidikan adalah…

Jawaban : Pilihan a dan b benar

C. Implementasi Kurikulum Operasional Berdasarkan Tingkat Kesiapan Satuan Pendidikan

Dalam mengembangkan kurikulum operasional, setiap satuan pendidikan merdeka dalam menentukan tahap kesiapan masing-masing.

Jawaban : benar

Yang harus dilakukan kepala satuan pendidikan untuk menentukan kesiapan satuan pendidikannya dalam merancang kurikulum operasional adalah ….

Jawaban : refleksi dari para pendidik

2. Post test

1.

Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...

A.

Perencanaan pembelajaran

B.

Pengorganisasian pembelajaran

C.

Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan

D.

Pengembangan dan pendampingan profesional guru

Pembahasan :
Jawaban : C

2.

Berikut ini yang tidak perlu dilakukan oleh pendidik dalam perencanaan pembelajaran adalah …

A.

Merumuskan Capaian pembelajaran

B.

Membuat Tujuan pembelajaran

C.

Menentukan metode pembelajaran

D.

Menentukan sumber-sumber pembelajaran

Pembahasan :
Jawaban : A

3.

Tujuan dari implementasi kurikulum operasional yang disesuaikan dengan kesiapan setiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali…

A.

Agar pendidik dan satuan pendidikan bisa lebih leluasa dalam mengimplementasi kurikulum operasional

B.

Agar mengikuti keinginan pemerintah

C.

Agar disesuaikan dengan kesiapan masing-masing

D.

Agar satuan pendidikan lebih percaya diri dalam mengimplementasi kurikulum merdeka

Pembahasan :
Jawaban : A

4.

Perhatikan cara penerapan kurikulum operasional pada 2 sekolah berikut:
Sekolah A
- Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh Kemdikbudristek.
- Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk perencanaan pembelajaran

Sekolah B
- Mengembangkan kurikulum operasional sendiri
- Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri

Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah tepat dalam mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?

A.

Sekolah A

B.

Sekolah B

C.

Keduanya Benar

D.

Tidak ada yang benar

Pembahasan :
Jawaban : A

5.

Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan peran pendidik dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah…

A.

Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.

B.

Memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.

C.

Mendampingi, membimbing, dan mendorong satuan pendidikan di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip penyusunan.

D.

Mengarahkan satuan pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.

Pembahasan :
Jawaban : A

6.

Profil pelajar Pancasila dapat terbangun/tercapai pada diri peserta didik apabila pengorganisasian pembelajaran dapat mengoptimalkan:

A.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila

B.

Kegiatan intrakurikuler

C.

Kegiatan ekstrakurikuler

D.

Jawaban a, b dan c benar

Pembahasan :
Jawaban : D

7.

Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...

A.

Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat

B.

Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah

C.

Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik

D.

Semua benar

Pembahasan :
Jawaban : C

8.

Pembelajaran yang dilaksanakan pada satuan pendidikan harus mampu memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Pernyataan diatas sesuai dengan prinsip....

A.

Esensial

B.

Akuntabel

C.

berpusat pada murid

D.

Melibatkan berbagai pemangku kepentingan

Pembahasan :
Jawaban : C

9.

Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor eksternal yang dapat dianalisis adalah sebagai berikut, kecuali …

A.

Potensi daerah

B.

Sosial ekonomi

C.

Budaya

D.

Keunggulan sekolah

Pembahasan :
Jawaban : D

10.

Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...

A.

Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat

B.

Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah

C.

Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik

D.

Semua benar

Pembahasan :
Jawaban : C

 

 

No comments:

Post a Comment

Soal UJian Sekolah Kelas 6 IPA 2024

  PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG (PSAJ) TAHUN PELAJARAN 2 023 / 2 024   Mata Pelajaran                          : IPA Kelas/Semest...