Alur Dan Tujuan Pembelajaran Dalam Rangka
Pengembangan Perangkat Ajar
(Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V
SD)
Capaian
Pembelajaran Fase C |
Pada fase ini, peserta didik
mampu: Memahami dan menyajikan hubungan
antarsila dalam Pancasila sebagai
suatu kesatuan yang utuh; mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai
Pancasila sebagai pandangan hidup
berbangsa dan bernegara; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat; menganalisis dan
menyajikan hasil analisis bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya
sebagai anggota keluarga, warga
sekolah, dan bagian dari masyarakat; menganalisis secara sederhana dan menyajikan hasil
analisis pelaksanaan norma, aturan,
hak, dan kewajiban sebagai anggota keluarga, dan warga sekolah; melaksanakan kewajiban dan
hak sebagai anggota keluarga, warga
sekolah, dan bagian dari masyarakat; dan
mempraktikkan membuat kesepakatan dan aturan bersama serta menaatinya dalam kehidupan sehari-hari di
keluarga dan di sekolah. Menganalisis, menyajikan hasil
analisis, menghormati, menjaga, dan
melestarikan keragaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekitarnya;
mengenal wilayahnya dalam konteks
kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah NKRI; dan
membangun kebersamaan, persatuan, dan
berkontribusi menciptakan kenyamanan di sekolah dan lingkungan sekitar |
Alur
dan Tujuan Pembelajaran:
Elemen |
Capaian Pembelajaran Berdasar
Elemen |
Tujuan Pembelajaran |
Profile Pelajar Pancasila |
|
Pancasila |
Peserta didik mampu memahami dan
menyajikan hubungan antarsila dalam
Pancasila sebagai suatu kesatuan yang
utuh. Peserta didik mampu
mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa
dan bernegara. Peserta didik mampu
menerapkan nilainilai Pancasila di
lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat. |
1.
Peserta didik dapat menunjukkan dan
menceritakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai suatu
kesatuan dalam bentuk keimanan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2.
Peserta didik dapat membiasakan
perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi, nilai dan
pandangan hidup. 3.
Peserta didik dapat bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas nilai dan semangat gotong royong yang berkembang di
Indonesia. 4.
Peserta didik dapat menelaah kedudukan
manusia sebagai mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain. 5.
Peserta didik dapat menyajikan hasil
telaah terhadap perbedaan karakter yang ada di lingkungannya. 6.
Peserta didik dapat menganalisis
perilaku terpuji yang harus ditunjukkan terhadap orang lain dimanapun
berada. |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis ·
Kreatif |
|
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Peserta didik mampu menganalisis
dan menyajikan hasil analisis
bentuk-bentuk sederhana norma, aturan,
hak, dan kewajiban dalam kedudukannya
sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan bagian dari masyarakat. Peserta didik mampu
menganalisis secara sederhana dan
menyajikan hasil analisis pelaksanaan
norma, aturan, hak, dan kewajiban
sebagai anggota keluarga, dan warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak
sebagai anggota keluarga, warga
sekolah, dan bagian dari masyarakat.
Peserta didik mampu mempraktikkan membuat kesepakatan dan aturan bersama
serta menaatinya dalam kehidupan
sehari-hari di keluarga dan di
sekolah. |
1.
Peserta didik dapat menyebutkan norma yang berlaku di lingkungannya
sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2.
Peserta didik dapat menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan norma
yang berlaku di lingkungannya. 3.
Peserta didik dapat menelaah macam-macam norma beserta sumber dan
sanksinya. 4.
Peserta didik dapat menyajikan hasil telaah tentang macam-macam norma
yang berlaku di lingkungannya. |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis ·
Kreatif |
|
Bhinneka Tunggal Ika |
Peserta didik mampu menganalisis,
menyajikan hasil analisis, menghormati,
menjaga, dan melestarikan keragaman
budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika di lingkungan sekitarnya. |
1.
Peserta didik dapat mensyukuri identitas diri dan budaya di
lingkungannya sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. 2.
Peserta didik dapat berperilaku menghargai keberagaman yang ada di
lingkungannya sebagai bentuk sikap menghadapi tantangan dan keuntungan hidup
kebinekaan. 3.
Peserta didik dapat menguraikan keuntungan dan tantangan hidup dalam
keberagaman. 4.
Peserta didik dapat menceritakan sikap dan perilaku yang dapat menjaga
atau merusak kebinekaan di lingkungannya. |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis ·
Kreatif |
|
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Peserta didik mampu mengenal
wilayahnya dalam konteks
kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian yang
tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu membangun kebersamaan, persatuan,
dan berkontribusi menciptakan
kenyamanan di sekolah dan lingkungan
sekitar. |
1.
Peserta didik dapat berperilaku menjaga keutuhan NKRI yang
berketuhanan Yang Maha Esa. 2.
Peserta didik dapat mengembangkan sikap persatuan sebagai bangsa
Indonesia. 3.
Peserta didik dapat menjelaskan sikap dan perilaku persatuan yang dapat
menjaga keutuhan NKRI. 4.
Peserta didik dapat menceritakan sejarah terbentuknya Negara Kesatuan
Republik Indonesia |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis Kreatif |
Link : Alur Dan Tujuan Pembelajaran ( ATP ) Pendidikan Pancasila Kelas 5ui
Kepala SD Negeri Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment