Tuesday, October 3, 2023

Alur Dan Tujuan Pembelajaran ( ATP ) Pendidikan Pancasila Kelas 5

 

 

Alur Dan Tujuan Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Perangkat Ajar

(Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas V SD)

 

 

Capaian Pembelajaran Fase C

Pada fase ini, peserta didik mampu:    

Memahami dan menyajikan hubungan antarsila dalam Pancasila  sebagai suatu kesatuan yang utuh; mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup  berbangsa dan bernegara; menerapkan nilai-nilai Pancasila di  lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat; menganalisis dan  menyajikan hasil analisis bentuk-bentuk sederhana norma, aturan,  hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota  keluarga, warga sekolah, dan bagian dari masyarakat; menganalisis  secara sederhana dan menyajikan hasil analisis pelaksanaan  norma, aturan, hak, dan kewajiban sebagai anggota keluarga, dan  warga sekolah; melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota  keluarga, warga sekolah, dan bagian dari masyarakat; dan  mempraktikkan membuat kesepakatan dan aturan bersama serta  menaatinya dalam kehidupan sehari-hari di keluarga dan di  sekolah.    

Menganalisis, menyajikan hasil analisis, menghormati, menjaga,  dan melestarikan keragaman budaya dalam bingkai Bhinneka  Tunggal Ika di lingkungan sekitarnya; mengenal wilayahnya dalam  konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian yang tidak  terpisahkan dari wilayah NKRI; dan membangun kebersamaan,  persatuan, dan berkontribusi menciptakan kenyamanan di sekolah  dan lingkungan sekitar 

 

Alur dan Tujuan Pembelajaran:

Elemen

Capaian Pembelajaran Berdasar Elemen

Tujuan Pembelajaran

Profile Pelajar Pancasila

Pancasila

Peserta didik mampu memahami dan menyajikan  hubungan antarsila dalam Pancasila sebagai suatu  kesatuan yang utuh. Peserta didik mampu  mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai  Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan  bernegara. Peserta didik mampu menerapkan nilainilai    Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan  masyarakat. 

1.    Peserta didik dapat menunjukkan dan menceritakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai suatu kesatuan dalam bentuk keimanan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

2.    Peserta didik dapat membiasakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi, nilai dan pandangan hidup. 

3.    Peserta didik dapat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai dan semangat gotong royong yang berkembang di Indonesia. 

4.    Peserta didik dapat menelaah kedudukan manusia sebagai mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain. 

5.    Peserta didik dapat menyajikan hasil telaah terhadap perbedaan karakter yang ada di lingkungannya. 

6.    Peserta didik dapat menganalisis perilaku terpuji yang harus ditunjukkan terhadap orang lain dimanapun berada. 

 

·       Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

·       Berkebhinekaan Global

·       Mandiri

·       Bernalar

·       Kritis

·       Kreatif

Undang-Undang

Dasar Negara

Republik Indonesia Tahun 1945

Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan  hasil analisis bentuk-bentuk sederhana norma,  aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya  sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan bagian  dari masyarakat. Peserta didik mampu menganalisis  secara sederhana dan menyajikan hasil analisis  pelaksanaan norma, aturan, hak, dan kewajiban  sebagai anggota keluarga, dan warga sekolah. Peserta  didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai  anggota keluarga, warga sekolah, dan bagian dari  masyarakat. Peserta didik mampu mempraktikkan membuat kesepakatan dan aturan bersama serta  menaatinya dalam kehidupan sehari-hari di keluarga  dan di sekolah.    

1.    Peserta didik dapat menyebutkan norma yang berlaku di lingkungannya sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.    Peserta didik dapat menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan norma yang berlaku di lingkungannya.

3.    Peserta didik dapat menelaah macam-macam norma beserta sumber dan sanksinya.

4.    Peserta didik dapat menyajikan hasil telaah tentang macam-macam norma yang berlaku di lingkungannya.

·       Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

·       Berkebhinekaan Global

·       Mandiri

·       Bernalar

·       Kritis

·         Kreatif

Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu menganalisis, menyajikan hasil  analisis, menghormati, menjaga, dan melestarikan  keragaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal  Ika di lingkungan sekitarnya. 

1.      Peserta didik dapat mensyukuri identitas diri dan budaya di lingkungannya sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

2.      Peserta didik dapat berperilaku menghargai keberagaman yang ada di lingkungannya sebagai bentuk sikap menghadapi tantangan dan keuntungan hidup kebinekaan.

3.      Peserta didik dapat menguraikan keuntungan dan tantangan hidup dalam keberagaman.

4.      Peserta didik dapat menceritakan sikap dan perilaku yang dapat menjaga atau merusak kebinekaan di lingkungannya.

·       Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

·       Berkebhinekaan Global

·       Mandiri

·       Bernalar

·       Kritis

·       Kreatif

Negara Kesatuan

Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengenal wilayahnya dalam  konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian yang  tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik  mampu membangun kebersamaan, persatuan, dan  berkontribusi menciptakan kenyamanan di sekolah  dan lingkungan sekitar.    

1.      Peserta didik dapat berperilaku menjaga keutuhan NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa.

2.      Peserta didik dapat mengembangkan sikap persatuan sebagai bangsa Indonesia.

3.      Peserta didik dapat menjelaskan sikap dan perilaku persatuan yang dapat menjaga keutuhan NKRI.

4.      Peserta didik dapat menceritakan sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia

·       Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

·       Berkebhinekaan Global

·       Mandiri

·       Bernalar

·       Kritis

Kreatif


Link : Alur Dan Tujuan Pembelajaran  ( ATP ) Pendidikan Pancasila Kelas 5ui


Kepala SD Negeri                                                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

NIP.                                                                                                                 NIP.                            

No comments:

Post a Comment

Soal UJian Sekolah Kelas 6 IPA 2024

  PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG (PSAJ) TAHUN PELAJARAN 2 023 / 2 024   Mata Pelajaran                          : IPA Kelas/Semest...