PROGRAM KERJA
KELOMPOK KERJA GURU
(KKG) GUGUS 3
KASEPUHAN KECAMATAN
LEMAHWUNGKUK
TAHUN ANGGARAN 2023
Sekretariat :
Jalan Kesunean No.
20 Kota Cirebon
BAB I.
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan
aktivitas wajib semua guru pada setiap jenjang jabatan sebagaimana telah diatur
dalam Rambu – Rambu Penyelenggaraan KKG.
Dalam 1 (satu) tahun guru diwajibkan mengikuti
aktivitas KKG paling sedikir 12 kali pertemuan atau dapat berarti dalam setiap
bulan ada 1 kali pertemuan dalam beberapa paket kegiatan. Setiap 1 (satu) paket
aktivitas paling sedikit memerlukan 3 (tiga) kali pertemuan. Kelompok Kerja
Guru (KKG) Gugus 3 Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk merupakan salah satu Kelompok
Kerja Guru (KKG) yang berada di Kota Cirebon turut berbenah untuk mencapai
tercapainya jadwal tersebut.
B.
Tujuan
1.
Tujuan Umum
Adapun
tujuan umum dari kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 3 Kasepuhan yakni
pengembangan diri guru melalui aktivitas kolektif dalam upaya peningkatan
kinerja sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan melalui aktivitas
pembelajaran di masing – masing satuan pendidikan.
2.
Tujuan
Khusus
Tujuan
Khusus dari kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 3 Kasepuhan adalah :
a. Memfasilitasi
guru untuk mencapai standar kompetensi profesi yang telah ditentukan
b. Memfasilitasi
guru untuk terus memuktahirkan kompetensi yang mereka miliki saat ini denga
napa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya
c. Memotivasi
guru – guru untuk memiliki tekad melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
tenaga professional
d. Mengangkat
citra, harkat dan martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaan kepada
penyandang profesi guru
e. Memperoleh
angka kredit dalam aktivitas ini agar guru sanggup naik pangkat dalam waktu
minimal yang telah ditetapkan
C.
Manfaat
Manfaat
yang dari kegiatan pengembangan diri ini antara lain adalah sebagai berikut :
1.
Bagi Siswa
Siswa
memperoleh jaminan kepastian mendapat pelayanan dan pengalaman berguru yang
efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan ilmu
pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan masyarakat serta mempunyai
jati diri yang luhur sesuai dengan nilai – nilai bangsa.
2.
Bagi Guru
Pengembangan
diri menawarkan jaminan kepada guru menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
serta kepribadian yang berpengaruh sesuai dengan profesinya yang bermartabat,
sehingga bisa menghadapi perubahan internal dan eksternal dalam kehidupan
karirnya.
3.
Bagi
Sekolah
Pengembangn
diri menawarkan jaminan terwujudnya sekolah sebagai organisasi pembelajaran
yang efektif dalam meningkatkan kompetensi, motivasi, dedikasi, loyalitas, dan
tekad pengabdian guru dalam menawarkan layanan Pendidikan yang berkualitas
kepada siswa.
4.
Bagi Masyarakat
Pengembangan
diri menawarkan jaminan bagi orangtua/ masyarakat bahwa sesuai dengan kebutuhan
dan kemampuannya masing – masing anak mereka di sekolah memperoleh bimbingan
dari guru – guru yang mampu bekerja secara professional dan penuh tanggung
jawab dalam mewujudkan aktivitas pembelajaran efektif, efisien dan berkualitas
sesuai dengan kebutuhan masyarakat local, nasional dan global.
5.
Bagi
Pemerintah
Melalui
aktivitas pengembangan diri ini, pemerintah dapat memetakan kualitas layanan
Pendidikan sebagai upaya pembinaan, pengembangan dan peningkatan kinerja guru
serta pembiayaannya dalam rangka meningkatkan kualitan antar sekolah sejenis
dan setingkat.
D.
Hasil Yang
Diharapkan
Adapun
hasil yang dibutuhkan dari pelaksanaan kegiatan kolektif guru di KKG Gugus 3
Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk adalah tercapainya implementasi dari
PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009 wacana Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya, Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 wacana Standar Isi, Permendiknas
Nomor 23 Tahun 2006 wacana SKL (Standar Kompetensi Lulusan), Permendiknas Nomor
20 Tahun 2007 wacana Standar Penilaian dan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007
wacaana Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Hasil
konkret yang diharapkan melalui aktivitas ini adalah :
1.
Meningkatnya
kompetensi guru dalam mempersiapkan, melakukan dan mengevaluasi jadwal
aktivitas guru mengajar
2.
Meningkatkan
kemampuan dalam Menyusun Kurikulum
3.
Terjadinya
pemerataan dan peningkatan mutu Pendidikan secara proposional melalui
peningkatan kompetensi professional guru
4.
Meningkatkan
wawasan guru mengenai pengembangan kurikulum dan memecahkan problem
pembelajaran dengan sharing pengalaman antar guru
5.
Meningkatkan
wawasan metodologi mengajar
6.
Meningkatkan
wawasan dan pengetahuan guru dalam pembelajaran khususnya kajian pembelajaran
PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan)
7.
Penerapan
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) semua mata pelajaran
8.
Peningkatan
hasil Uji Kompetensi Guru bagi guru yang sudah bersertifikasi
9.
Peningkatan
hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG)
10. Peningkatan
pemahaman wacana jabatan guru dan angka kreditnya
11. Meningkatkan
budaya menulis bagi guru sehingga Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB)
Unsur Publikasi Ilmiah sanggup tercapai
12. Meningkatkan
produk – produk karya inovatif dari guru
BAB II.
RENCANA KEGIATAN
No |
Uraian Kegiatan |
Indikator |
Ket |
1 |
Kebijakan Kurikulum
Merdeka |
Ø Memahami
prinsip dasar Kurikulum Ø Menjelaskan
peran dan fungsi Kurikulum Ø Menganalisa
dampak perubahan Kurikulum Ø Menentukan
respon dan Tindakan yang tepat dalam mengadaptasi Kurikulum |
|
2 |
Kajian Tujuan
Pembelajaran |
Ø Mendeskripsikan
makna tujuan pembelajaran Ø Mendeskripsikan
cara – cara merumuskan tujuan pembelajaran Ø Merumuskan
tujuan pembelajaran dengan berbagai alternatif |
|
3 |
Kajian Asesmen |
Ø Mengidentifikasi
jenis – jenis asesmen pada modul ajar Ø Mengidentifikasi
asesmen pada modul ajar dapat memperlihatkan diferensiasi pembelajaran,
sehingga sesuai dengan kebutuhan peserta didik Ø Membandingkan
tujuan asesmen pada modul ajar dengan tujuan pembelajaran Ø Menganalisis
asesmen pada modul ajar dapat meningkatkan kualitas proses belajar Ø Membuat
instrument asesmen formatif |
|
4 |
Aktivitas Belajar |
Ø Memahami
pembelajaran Ø Memahami
pengertian metode, model, strategi dan pendekatan pembelajaran Ø Merancang
aktivitas pembelajaran Ø Menyusun
modul ajar Ø Simulasi
mengajar |
|
5 |
Kajian Media
Pembelajaran |
Ø Menjelaskan
pengertian, fungsi, manfaat dan jenis – jenis media pembelajaran Ø Menjelaskan
cara pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran Ø Menganalisis/
mengaji media pembelajaran Ø Mendeskripsikan
model ASSURE untuk merencakan pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi
dan media Ø Merencanakan
pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi dan media menggunakan model
ASSURE |
|
6 |
Penguatan Proyek Profil
Pelajar Pancasila (P5) |
Ø Memahami
P5 Ø Merancang
dimensi, tema dan alokasi waktu proyek Ø Menyusun
modul P5 Ø Merancang
strategi pelaporan hasil P5 |
|
BAB III.
JADWAL KEGIATAN
No |
Uraian Kegiatan |
Pelaksanaan |
Ket |
1 |
Kebijakan Kurikulum
Merdeka |
Juni 2023 |
Jumlah peserta : 12
Orang (Kelas 2 dan 5) Narasumber : 2 Orang Panitia : 3 Orang Kepala Sekolah : 6 Orang |
2 |
Kajian Tujuan
Pembelajaran |
Juni 2023 |
|
3 |
Kajian Asesmen |
Juni 2023 |
|
4 |
Aktivitas Belajar |
September 2023 |
Jumlah peserta : 36
orang (Kelas 1 – 6) Narasumber : 2 Orang Panitia : 3 Orang Kepala Sekolah : 6 Orang |
5 |
Kajian Media
Pembelajaran |
September 2023 |
|
6 |
Penguatan Proyek Profil
Pelajar Pancasila (P5) |
September 2023 |
BAB IV.
RENCANA ANGGARAN
BELANJA
No |
Uraian |
Volume |
Harga Satuan |
Jumlah |
||||
1 |
Kegiatan Kesatu |
|
1.395.000 |
|||||
|
Honor Narasumber |
1 |
Kegiatan |
x |
2 |
Orang |
200.000 |
400.000 |
|
Honor Panitia |
1 |
Kegiatan |
x |
3 |
Orang |
50.000 |
150.000 |
|
Snack Peserta |
12 |
Dus |
x |
2 |
hari |
15.000 |
360.000 |
|
Snack Kepala Sekolah |
6 |
Dus |
x |
1 |
hari |
15.000 |
90.000 |
|
Snack Panitia |
3 |
Dus |
x |
2 |
hari |
15.000 |
90.000 |
|
Snack Narasumber |
2 |
Dus |
x |
2 |
hari |
15.000 |
60.000 |
|
Spanduk |
1 |
Buah |
150.000 |
150.000 |
|||
|
Kebersihan |
1 |
Kegiatan |
|
|
|
50.000 |
50.000 |
|
Aqua Botol |
2 |
Botol |
x |
2 |
hari |
5.000 |
20.000 |
|
Aqua Gelas |
1 |
Dus |
|
|
|
25.000 |
25.000 |
|
|
|
|
|||||
2 |
Kegiatan Kedua |
|
|
|
|
|
|
2.140.000 |
|
Honor Narasumber |
1 |
Kegiatan |
x |
2 |
Orang |
200.000 |
400.000 |
|
Honor Panitia |
1 |
Kegiatan |
x |
3 |
Orang |
50.000 |
150.000 |
|
Snack Peserta |
36 |
Dus |
x |
2 |
hari |
15.000 |
1.080.000 |
|
Snack Kepala Sekolah |
6 |
Dus |
x |
1 |
hari |
15.000 |
90.000 |
|
Snack Panitia |
3 |
Dus |
x |
2 |
hari |
15.000 |
90.000 |
|
Snack Narasumber |
2 |
Dus |
x |
2 |
hari |
15.000 |
60.000 |
|
Spanduk |
1 |
Buah |
150.000 |
150.000 |
|||
|
Kebersihan |
1 |
Kegiatan |
|
|
|
50.000 |
50.000 |
|
Aqua Botol |
2 |
Botol |
x |
2 |
hari |
5.000 |
20.000 |
|
Aqua Gelas |
2 |
Dus |
|
|
|
25.000 |
50.000 |
|
|
|
|
|||||
|
Jumlah Total |
|
|
|
|
|
|
3.535.000 |
BAB V.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Demikian Program
Kerja KKG Gugus 3 Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk ini kami susun dengan
harapan pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan membawa imbas
baik bagi kita. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi guru – guru yang ada di Gugus 3 Kasepuhan.
Kami menyadari
dalam pembuatan program kerja ini masih banyak kekurangan yang harus kami
benahi, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk
kemajuan program kami.
Akhir kata kami
mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak – pihak yang telah membantu dalam
penyusunan program ini.
B. Saran
Agar kegiatan dapat
berjalan dengan baik dibutuhkan kesadaran dan tanggungjawab dari kita untuk
dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh – sungguh agar ilmu yang sampai
ke kita dapat kita implemantasikan dalam pekerjaan kita.
No comments:
Post a Comment