Saturday, November 29, 2014

Laporan PPLK


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Sejarah Singkat Sd Negeri 17 Kuningan
Sekolah Dasar Negeri 17 Kuningan terletak di kecamatan kuningan abupaten kuningan. Awal mula keberadaan SD Negeri 17 ini berasal dari 2 SD yang merupakan SD berstandar Nasional yatu SD Negeri 1 Kuningan dan SD Negeri 7 Kuningan sebagai SD unggulan. Prestasi kedua sekolah ini adalah dalam bidang akademik, pengembangan kesenian sunda dan pengembangan kerajinan membatik serta Marching Band, masing masing SD memiliki jumlah murid yang cukup banyak karena merupakan SD favorit yang berada di pusat kota kuningan. Secara resmi di Marger pada 1 Feberuari 2013 dengan luas tanah 3.783  m2 . SD Negeri 17 Kuningan setalah resmi di marger dipimpin oleh Bapak H. Karna, M.Pd

Sekolah Dasar Negeri 17 Kuningan dari tahun ke tahun terus berkembang pesat dan merupakan salah satu Sekolah  Dasar favorit yang ada di Kabupaten Kuningan ini terbukti dengan Prestasi-prestasi yang didapatkan dari periode mulai di marger 2013 sampe sekarang , diantaranya :

Data Prestasi Siswa SD Negeri 17 Kuningan
1.      Juara I dan 2 Calistung kelas 1-2-3 tingkat Kecamatan Kuningan
2.      Juara 1 Calistung kelas 1 dan 2 Tingkat Kabupaten Kuningan
3.      Peringkat 7 Calistung Kelas 2 tingkat Provinsi Jawa Barat
4.      Juara I Olimpiade IPA tingkat Kecamatan Kuningan dan Juara 3 Tingkat Kabupaten Kuningan.
5.      Juara I Olimpiade Matematika tingkat Kecamatan Kuningan
6.      Juara 3 Olimpiade wilayah III Jawa Barat di AL Mutajam.
7.      Juara 1 Tingkat Kecamatan dan Kabupaten Kuningan cabang Melukis, membuat Cerita Bergambar, Nyayi Solo, Baca Tulis Aksara Sunda, Renang dan Karate.
8.      Juara 2 Kabupaten Kuningan untuk cabang pidato, Biantara, Membatik.
9.      Juara 3 Kabupaten Kuningan CC 4 Pilar di Pemda Kabupaten Kuningan
10.  Juara 1 Olimpiade Biologi dan Strory telling di UNIKU
11.  Juara 1 dan 3 Melukis di Cirebon
12.  Juara 1 Kecamatan Kuningan untuk Cabang Pidato, Karya Anyam, Tari Klasik dan Tenis Meja Ganda Putra Putri.

Data Prestasi Guru SD Negeri 17 Kuningan
1.      Terpilih menjadi utusan dari Prop[insi Jawa Barat untuk mengikuti studi banding ke Australia selama 1 bulan, yakni Bapak Yayan Haryadi, S.Pd
2.      Terpilih menjadi Tim Penyusun Kurikulum dan Buku Sumber di tingkat Nasional untuk mata pelajaran Agama Kristen Katolik atas nama M. Didi Kasmudi, S.Pd.K.
3.      Terpilih menjadi instruktur seni oleh Pemda Kabupaten Kuingan dalam setiap even seremonial Pemda Kabupaten Kuningan, atas nama Sachroni S.Pd.
4.      Menjadi Pengurus Dewan Pembina Kesenian Tradisional Kabupaten Kuningan atas nama Sachroni, S.Pd
5.      Lulus menjadi DCT pada pelatihan Guru Pemnadu Program Bermutu yang diselenggarakan LPMP Jawa Barat, atas nama H. Karna.
6.      Terpilih menjadi anggota tim penyusun Naskah Ujian Nasional di Bandung setiap tahun atas nama Hj. Nining Ernawati, S.Pd
7.      Lulus menjadi instruktur Diklat Kurikulum 2013 di Bandung atas nama Iis Yuningsih, S.Pd dan Dudi Kurniad, S.Pd
8.      Juara Harapan Tari Klasik tingkat Jawa Barat atas nama Inliati.

Selain daripada itu kepercayaan dari orang tua murid terhadap SD Negeri 17 Kuningan sangat tinggi di karenakan SD Negeri satu Kadugede terdapat kegiatan Ekstra Kurikuler yang rutin dilakukan di sekolah ini diantaranya :
1)        Kesenian Degung
2)        Drumband
3)        Bola Voli, Bola Basket, Futsal ,Tenis Meja

B.     Profil Sd Negeri 17 Kuningan

IDENTITAS SEKOLAH
SD NEGERI 17 KUNINGAN
KECAMATAN KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

Nama Sekolah                              :    SD NEGERI 17 KUNINGAN
Nomor Statistik Sekolah              :    101021513001
Status Sekolah                             :    Negeri
Alamat                                         :    Jalan Siliwangi No. 103 Kelurahan Kuningan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat
Tahun Pendirian                           : 1918
No SK Merger                             : 421.2/ KPTS-546-Disdikpora/2012
TMT Merger                                 : 1 Februari 2013
Luas Tanah                                   : 3.783 M2
No Sartifikat                                : 35/HP/BPN.32.08/2012
Status Tanah                                : Milik Pemerintah
Akreditasi                                    : A ( Penilaian tahun 2010 )
Nomor Telepon                            :    (0232) 872271
Kode Pos                                     :    45561
No Email                                      : sdntujuhbelas_kuningan@yahoo.co.id         

MOTTO
SEKOLAHKU SEJUTA WARNA, BELAJARKU SEJUTA AKSI,
SARANAKU SEJUTA GAYA

VISI
“ Membentuk peserta didik unggul dalam prestasi, simpati dalam perilaku dan kreatif dalam berbudaya”


MISI
1.      Antusias dalam membentuk pribadi peserta didik menjadi insan yang taat beragama dan berakhlak mulia.
2.      Serius dalam menerapkan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatis, Efektif dan Menyenangkan ( PAKEM)
3.      Inovasi dalam mengembangkan minat, bakat, dan potensi peserta didik.
4.      Kratif dalm mengembangkan budaya dan membiasakan Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh.

C.    Sumber Daya Pendidikan
v  Ketenagaan
Kepala Sekolah    : 1 Orang
Guru Negeri         : 40 Orang
Guru Honorer       : 10 Orang
TU                        : 5 Orang
Penjaga Sekolah   : 4  Orang
Jumlah                  : 60 Orang 

v  Tenaga Pendidik dan Kependidikan Berdasarkan Klasifikasi Pendidikan
No
Jenjang Pendidikan
Jumlah
1
SPG/PGA/KPG
1
2
D1
-
3
D2
9
4
D3
1
5
S1
37
6
S2
2
JUMLAH
50


v  Jumlah Ruang Kelas di Tahun ajaran 2014-2015 : 31  Ruang
v  Jumlah Robongan Belajar (Rombel)
Kelas
2013 – 2014
2014 - 2015
Ket
Rombel
Siswa
Rombel
Siswa
1
4
142
4
143

2
5
163
4
144

3
6
173
5
161

4
6
231
6
173

5
6
220
6
231

6
6
200
6
218

Jumlah
33
1129
31
1070



D.    Denah Sekolah Dasar Negeri 17 Kuningan

R.Guru
R.
Kepsek
2c
2a
2b
2d
R.batik
R.agama K
R.Seni
3c
3a
3b

WC
R.Musola

3d
3e

R
Tenis
WC
R.
Perpus
4b
4a
UKS
4e
4c
4d
4f




Lapangan
UPACARA
6a
6b
6c
6f
6e
6d
5a
5b
5c
5f
5e
5d
WC
u
 































E.     Keadaan Sarana Dan Prasarana Sekolah ( Fasilitas Sekolah )

v  Keadaan Siswa
NO
KELAS
Jumlah Rombel
JUMLAH
1
I
4
143
2
II
4
144
3
III
5
161
4
IV
6
173
5
V
6
231
6
VI
6
218
JUMLAH
31
1070


v  Fasilitas Sekolah
NO
JENIS PASILITAS
JUMLAH UNIT
1
Ruang Kepsek dan Guru
1
2
Ruang Guru
2
3
Perpustakaan
1
4
Mushola
1
5
Kantin Sekolah
1
6
Lapang Basket
1
7
Lapang Bola Voli
1
8
Lapang Tenis Meja
2
9
Ruang UKS
1
10
Ruang TU
1
11
Dapur
1
12
WC. Siswa
12
13
WC guru
3



BAB II
MASALAH-MASALAH KEPENDIDIKAN

A.    Kegiatan Sekolah
Kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri 17 Kuningan dibagi menjadi :
1.         Kegiatan Harian Siswa
1)        Pemeriksaan kuku sebelum masuk kelas
2)        Pembacaan Al-Qur’an Sebelum Pelajaran dimulai
3)        Piket Kelas
2.         Kegiatan Mingguan Siswa
1)        Upacara bendera setiap hari senin
2)        Pembacaan Sholawat dan membaca Yasin pada hari Jum’at
3)        Senam Pagi dan Kebersihan Umum setiap Hari Sabtu
3.         Kegiatan Ekstrakurikuler
1)      Kesenian Degung
2)      Drumband
3)      Bola Voli
4)      Bola Basket
5)      Futsal
6)      Tenis Meja
7)      Karate
4.         Kegiatan Tahunan
1)        SD Negeri 17 Kuningan Berkurban
2)        SD Negeri 17 Kuningan Peduli
3)        Persami







B.     Pelaksanaan Kurikulum
Manajemen kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengjaran dengan titik berat pada usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar atau kualitas pembelajaran. Dalam kegiatan ini meliputi penyusunan KTSP, pembuatan RPP, merancang KKM, merumuskan Kalender Pendidikan, pembuatan alat evaluasi pembelajaran, dsb.
Seiring dengan diterapkannya kurikulum 2013 maka yang saat ini diterapkan di SD Negeri 17 Kuningan adalah kurikulum yang mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar pendidikan nasional terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan yaitu Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang menjadi acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Dalam mengelola proses belajar mengajar seorang guru dituntut untuk melaksanakan :
a.          Menyusun program tahunan dan program semester.
b.          Penjabaran tentang kompetensi dasar yang akan dicapai, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar, indikator pencapaian, dan sistem penilaian.
c.          Penjabaran tentang struktur kurikulum yang diterapkan di sekolah.
d.         Menyusun persiapan mengajar.
e.          Melaksanakan perbaikan dan pengayaan.
Langkah-langkah diatas dijabarkan dalam perangkat pembelajaran yang  terdiri atas :
a.       Program Tahunan (Prota)
b.      Program Semester (Promes)
c.       Silabus
d.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
e.       Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)

C.    Pembinaan Kesiswaan
Dalam membina siswa/i di SD Negeri 17 Kuningan selain siswa diarahkan dalam proses pembelajaran guru-guru yang ada di SD Negeri 17 Kuningan sangatlah kreatif dimana dalam pembinaannya guru membagi tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan kemampuan masing-masing dan anak di arahkan sesuai dengan balak, minat dan potensi yang dimiliki masing-masing. Sehingga selain proses pembelajaran berlangsung ketika waktu istirahat siswa diarahkan untuk melakukan kegiatan Ekstra Kurikuler sesuai dengan keinginannya masing-masing yang di awasi oleh guru-gurunya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
Selain daripada itu, yang lebih menarik di SD Negeri 17 Kuningan ini adalah dalam pengaturan jadwal pelajaran dari hari senin sampai jum’at adalah jadwal pelajaran Umum akan tetapi pada hari sabtu di isi dengan pengembangan diri dan kegiatan senam, latihan upacara yang setiap hari sabtu rutin dilaksanakan, sehingga siswa/i di SD Negeri 17 Kuningan ini diberikan waktu yang seluas-luasnya untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki masing-masing dengan arahan dari Guru-guru yang ada di Sekolah.

D.    Pembinaan Kerjasama Dengan Orang Tua Siswa
Dalam pembinaan Kerjasama antara Pihak Sekolah dengan Orang Tua Murid SD Negeri 17 Kuningan terjalin baik sekali dalam hal ini pihak sekolah selalu melibatkan orang tua murid dalam hal mengawasi perkembangan siswanya dan jika akan merencanakan suatu kegiatan di luar jam sekolah selalu mengadakan rundingan terlebih dahulu dengan orang tua murid.
Bahkan ketika SD Negeri 17 Kuningan akan melaksanakan kegiatan Ekstra Kurikuler respon dari orang tua murid sangat baik dan tidak sedikit dari orang tua murid berinisiatif memberikan bantuan-bantuan baik berupa saran, materi dan fasilitas-fasilitas yang akan menunjang terlaksananya kegiatan tersebut.



E.     Pengadaan Fasilitas Lingkungan Belajar
Seluruh komponen yang ada di SD Negeri 17 Kuningan bekerja sama dalam pengadaan fasilitas lingkungan belajar. Dimana fasilitas yang ada di SD Negeri 17 Kuningan sudah sangat lengkap dengan adanya ruang Perpustakaan, ruang UKS, lapangan basket, lapangan Bolla Volly, tempat sampah disetiap kelas, penyediaan air minum siswa, kerajinan tangan, dinding yang di hiasi oleh gambar dan kata-kata motivasi hasil karya tangan-tangan kreatif dari Guru dan penjaga sekolah serta lingkungan sekolah yang rindang dan alami dengan penataan ruangan yang baik dan lingkungan sekolah yang tidak menghilangkan nuansa naturalnya.




















           

BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIK KEGIATAN LAPANGAN

A.    Kegiatan Praktikan
Sesuai dengan rencana kegiatan yang telah di programkan oleh Mahasiswa dan Pihak Sekolah, Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan melaksanakan program walaupun tidak sespenuhnya sesuai dengan yang direncanakan di karenakan hal-hal tertentu.
Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu diantaranya :
1.      Tahap Pra Kegiatan PPL
Pada tahap ini seluruh mahasiswa praktikan mendapat pembekalan dari Dosen Pembimbing. Pada pembekalan tersebut mahasiswa mendapatkan materi yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah yang meliputi :
a.        Inovasi pembelajaran
b.       Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler (Pengembangan Diri)
c.        Perencanaan kegiatan PPL
d.       Pemetaan silabus dan penyusunan RPP
e.        Penyusunan dan analisis tes
f.        Pembelajaran mikro (Mikroteaching)
2.      Tahap Pelaksanaan PPL
Tahap pelaksanaan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan Keguruan (PPLK)  mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan Tahun Akademik 2014/2015 di SD Negeri 17 Kuningan berlangsung dari tanggal 01 September sampai 30 Nopember 2014.
Kegiatan pada tahap ini adalah sebagai berikut :
a.       Penyerahan secara resmi mahasiswa peserta PPLK oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ke pihak sekolah.
b.      Penjelasan proses bimbingan dan pembagian tugas bagi mahasiswa peserta PPL oleh guru pamong dan waka kurikulum.
c.        Orieantasi tahapan praktik.
d.      Pelaksanaan proses bimbingan oleh mahasiswa bimbingan konseling, pengumpulan data, pembuatan satuan layanan BK, dan bimbingan individu sampai bimbingan kelompok.
e.       Pembuatan perangkat pembelajaran bagi mahasiswa peserta PPL jurusan Bahasa Indonesia dan Matematika sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas.
f.       Kegiatan Ekstrakurikuler, Kegiatan layanan perpustakaan, kegiatan Kepramukaan.
g.      Ujian PPLK.
h.      Perpisahan Mahasiswa PPLK.
3.      Tahap Pasca PPLK
Setelah selesai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Keguruan (PPLK)  mahasiswa diwajibkan menyusun laporan.
Kegiatan yang dilakukan setelah kegiatan PPL yaitu :
a.       Penyusunan laporan
b.       Pengumpulan hasil laporan
B.     Penyusun Satuan Pembelajaran
Dalam menyusun satuan pembelajaran Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan melakukan konsultasi dengan guru pamong sebelum melakukan pembelajaran, hal-hal yang dilakukan diantaranya :
1.      Konsultasi Program Pembelajaran dari kelas 1 sampai kelas 6.
2.      Konsultasi tentang SK dan KD kepada guru pamong.
3.      Konsultasi cara membuat Silabus kepada guru pamong.
4.      Konsultasi cara membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada Guru Pamong.
C.    Saat Proses Penampilan Berlangsung
Pada saat proses penampilan pembelajaran berlangsung Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan membagi tugas sesuai dengan jadwal masing-masing, dimana dalam satu minggu satu orang 3 hari masuk dengan ketentuan 1 hari melaksanakan pembelajaran dan 2 hari piket.


D.    Bimbingan Belajar Ekstra Kurikuler
Mahasiswa Praktikan dari STKIP Muhammadiyah Kuningan selalu dilibatkan dalam bimbingan Ektra Kurikuler diantaranya :
1.      Kepramukaan
2.      Latihan Upacara
3.      Kesenian Degung
4.      Drumband
5.      Bola Voli
6.      Bola Futsal.

E.     Partisipasi Dalam Lingkungan Sekolah
Dalam melaksanakan kegiatan PPLK mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan berpartisifasi dalam Kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri 17 Kuningan diantaranya :
1.        Membimbing Siswa dalam kegiatan pawai hari jadi Kuningan ke 516
2.        Membimbing Siswa dalam lomba Drum Band dalam rangka pembukaan POSPEDA.
3.        Membantu Latihan Upacara dalam persiapan lomba TUP tingakat Kabupaten.
4.        Kegiatan Tengah Semester dengan membimbing siswa/i ke Taman Air Montana Sangkan Bandorasa Cilimus.
5.        Membimbing kegiatan Kepramukaan setiap hari jumat.
6.        Membimbing Latihan Upacara Setiap Hari sabtu.
7.        Membantu melayani perpustakaan.








BAB IV
PENEMUAN

A.    Upaya Penanggulangan Kegiatan Sekolah
Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan kenyamanan Lingkungan sekolah, ada beberapa hal yang dilakukan oleh pihak Sekolah, diantaranya :
1.      Pembuatan kata-kata Motivasi di dinding kelas
Dengan dibuatnya kata-kata motivasi di dinding kelas diharapkan setiap siswa yang membacanya dapat termotivasi.
2.      Pembuatan Tempat daur ulang sampah
Untuk mengatasi sampah yang ada di sekitar sekolah.
3.      Pembenahan Ruang Perpustakaan
Untuk memberikan kenyamanan dan mempermudah siswa mencari buku yang akan dibacanya.
4.      Pembenahan Lapangan Voly
Untuk memberikan kenyamanan dalam kegiatan olah raga siswa.
B.     Upaya Penanggulangan Kegiatan Praktikan
1.      Pembuatan media pembelajaran dari barang bekas
Memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai sebagai media pembelajaran.
2.      Pembenahan Lapangan Bolla Volly











BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka dalam Praktek Pengalaman Lapangan Keguruan dapat diambil beberapa simpulan antara lain :
1.      Dalam kegiatan PPLK, mahasiswa sebagai calon pendidik dapat memperoleh pengalaman secara langsung tentang hal-hal seperti :
a.       Pengalaman mengajar
b.      Membuat satuan layanan
c.       Membuat satuan pendukung
d.      Interaksi antara warga sekolah yang satu dengan yang lainnya baik kepala sekolah, pendidik, staf administrasi, peserta didik, dan lain-lainnya
2.      Dengan adanya kegiatan PPLK, maka mahasiswa dapat mengetahui secara langsung sikap, kepribadian serta karakter peserta didik yang berhubungan dengan kemampuan belajarnya.
3.      PPLK merupakan salah satu usaha untuk menerapkan teori yang diperoleh selama di bangku kuliah.
4.      Dengan adanya PPLK, Mahasiswa disamping dapat mengetahui administrasi sekolah secara umum, juga dapat mengetahui tugas pendidik dan administrasi secara khusus.
5.      Melalui PPLK, Mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya, keterampilan dalam mengajar sekaligus sebagai tolok ukur dalam membimbing selanjutnya.
6.      Mahasiswa dapat mengaplikasikan dan menerapkan teori-teori yang diperoleh diperkuliahan.
7.      Studi banding antara ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan kondisi nyata di lapangan.
8.      Mahasiswa dapat mengenal secara langsung tentang prosedur, struktur, dan mekanisme pengelolaan sekolah.


B.     Saran
1.         Terhadap Peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPLK)
a.         Kepada rekan-rekan mahasiswa yang akan melaksanakan PPLK hendaknya mempersiapkan diri secara matang, baik dari segi mental maupun penguasaan materi yang akan disampaikan.
b.        Pelaksanaan praktik hendaknya dilakukan dengan penuh kesungguhan  dan keikhlasan agar praktikan mendapatkan pengalaman yang maksimal.
c.         Praktikan harus selalu menjaga sikap dan menjaga nama baik almamater yang disandang selama melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Keguruan (PPLK).
2.         Terhadap Lembaga penyelenggara STKIP Muhammadiyah Kuningan
a.       Hendaknya PPLK dipersiapkan dengan matang, mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
b.      Pembekalan kepada peserta PPLK harus dimaksimalkan agar tercapai tujuan yang diharapkan. Terutama terkait dengan materi, pemateri, metode penyampaian dan fasilitas.
c.       Hendaknya peserta PPLK dibekali modul atau buku panduan Laporan Individu dan Kelompok yang berfungsi mengarahkan mereka pada tujuan ideal pelaksanaan PPLK.
d.      Sasaran PPLK atau Lembaga yang akan dijadikan tempat praktek hendaknya disurvei terlebih dahulu mengenai kesiapannya, meliputi letak geografis, jumlah siswa, kurikulum pembelajaran, maupun kualitas institusi sehinngga Mahasiswa yang akan melaksanakan PPLK mendapatkan pelayanan yang maksimal dari pihak sekolah.
e.       Transparansi dana dari pihak fakultas kepada peserta PPLK wajib dilakukan untuk menghindari ketidaktepatan penggunaan hak dan kewajiban bagi masing-masing pihak ( Fakultas, Mahasiswa, dan lembaga yang ditempati ).


3.         Terhadap Pihak Sekolah
Kepada sekolah SD Negeri 17 Kuningan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam bidang akademik maupun nonakademik agar mampu bersaing dengan sekolah lain pada tingkat Kabupaten, Propinsi, bahkan tingkat Nasional. Sehingga SD Negeri 17 Kuningan yang sudah  membanggakan dengan prestasi selama ini akan semakin membanggakan kedepannya.
4.         Terhadap Guru Pamong
Kepada Bapak atau Ibu dewan guru SD Negeri 17 Kuningan yang telah ikhlas membimbing kami dengan segala kekurangan dan kemampuan kami selama ini tiada kata yang dapat kami ucapkan selain terimakasih atas bimbingan dan arahannya. Terus berusaha untuk meningkatkan profesionalisme dalam mendidik, mengajar, dan membimbing siswa dan mahasiswa peserta PPLK sehingga bisa mencetak generasi yang unggul dalam keilmuan dan santun dalam pergaulan.
5.         Terhadap Dosen Pembimbing
Kepada Dosen Pembimbing kami harapkan agar lebih meningkatkan Frekuensi kunjungannya untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa praktikan agar dapat melihat sejauh mana perkembangan yang terjadi. Memberikan motivasi dan semangat agar mahasiswa merasa diperhatikan dan diberi dukungan.










C.    Kesan – Kesan
Setelah sekian hari bergelut dan mengalami langsung proses interaksi melalui kegiatan PPLK ini, terdapat kesan-kesan yang penyusun rasakan diantaranya sebagai berikut :
1.         Melihat dan memperhatikan keberadaan SD Negeri 17 Kuningan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, penyusun menilai sekolah ini merupakan profil sekolah yang sederhana tetapi penuh dengan nuansa ke Islaman tinggi serta mempunyai tekad yang kuat dalam memajukan pendidikan.
2.         Hubungan harmonis yang tercipta antara guru dan siswa, dimana terlihat dengan jelas proses interaksi mereka didalam maupun diluar kelas dengan sikap saling menghargai dan menghormati, serta erat dengan tali kekeluargaan dan persaudaraan.
3.         Mengajar adalah tugas suci dan mulia, karenanya keikhlasan dalam menjalankan tugas ini merupakan modal utama disamping kecakapan profesionalisme dan persiapan aspek lahir maupun bathin.
4.         Kebersamaan dalam setiap langkah merupakan modal pertama dan utama dalam kesuksesan dunia pendidikan, karenanya harus mendapat perhatian dan kerjasama  yang baik dari semua komponen- komponen pelaksana pendidikan.
5.         Hubungan yang baik antara peserta PPLK (mahasiswa) dengan guru, para siswa-siswi SD Negeri 17 Kuningan, dengan begitu kami bisa melaksanakan PPLK dengan baik dan maksimal.









LAMPIRAN-LAMPIRAN

A.           STRUKTUR ORGANISASI MAHASISWA PPLK
B.            NAMA DOSEN PEMBIMBING DAN PESERTA PPLK
C.            PEMBAGIAN TUGAS KELOMPOK PPLK
D.           FOTO KEGIATAN SD NEGERI 17 KUNINGAN
E.            FOTO KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
F.             FOTO KEGIATAN KEPRAMUKAAN
G.           FOTO KEGIATAN TENGAH SEMESTER


No comments:

Post a Comment

Soal UJian Sekolah Kelas 6 IPA 2024

  PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG (PSAJ) TAHUN PELAJARAN 2 023 / 2 024   Mata Pelajaran                          : IPA Kelas/Semest...