1) Diferensiasi
Konten
Konten
yaitu materi yang diajarkan kepada murid kita. Sebagai tanggapan terhadap perbedaan
minat, kesiapan dan profil belajar murid. Perlu ada persiapan pemetaan kesiapan
belajar, minat dan profil belajar murid agar bahan ajar sesuai dan dapat
mengembangkan potensi yang dimiliki oleh murid tersebut.
2) Diferensiasi
Proses
Mengacu
pada bagaimana murid memahami atau memaknai informasi atau materi yang
dipelajari sehingga hal ini dapat dilihat saat proses bagaimana murid memahami
materi yang dipelajari, pemilihan kegiatan pembelajaran apakah dalam bentuk
individu atau kelompok, serta kemampuan murid dalam belajar atau mengerjakan
tugas secara mandiri apakah masih perlu bimbingan atau hanya dengan sedikit
bimbingan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan secara berjenjang dengan
pertanyaan pemandu untuk menentukan minat masing-masing murid, membuat agenda
individual masing-masing murid dimulai dari tugas umum ke tugas khusus, adanya
variasi waktu menyesuaikan kebutuhan dll.
3) Diferensiasi
Produk
Produk
berupa tagihan/unjuk kerja yang diharapkan dari murid setelah proses
pembelajaran, baik berupa hasil tes, diskusi, pertunjukkan, pidato, diagram dan
lainnya yang mencerminkan pemahaman murid dari tujuan yang diharapkan dalam
pembelajaran. Hal yang dapat dilakukan untuk diferensiasi produk dapat
dilakukan setelah melakukan pemetaan kebutuhan murid. Guru harus dapat
mengetahui dan mengkomunikasikan indikator yang diharapkan dari produk yang
ingin dicapai.
No comments:
Post a Comment