Alur
Dan Tujuan Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Perangkat Ajar
(Matematika
Fase C Kelas V SD)
Pada
akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah dengan 1.000.000. Mereka dapat melakukan operasi aritmetika
pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membandingkan dan
mengurutkan berbagai pecahan, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan
bilangan asli. Mereka dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal
dan mengubah pecahan menjadi desimal. Mereka dapat mengisi nilai yang belum
diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan operasi
aritmetika pada bilangan cacah sampai 1000. Mereka dapat menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB dan masalah yang berkaitan dengan
uang. Mereka dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan
membesar yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar
secara proporsional dan menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam
menyelesaikan masalah seharihari dengan rasio dan atau yang terkait dengan
proporsi. Peserta
didik dapat menentukan keliling dan luas beberapa bentuk bangun datar dan
gabungannya. Mereka dapat mengonstruksi dan mengurai beberapa bangun ruang
dan gabungannya, dan mengenali visualisasi spasial. Mereka dapat
membandingkan karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka
dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak. Peserta
didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data
banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa visualisasi dan
dalam tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan
kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak. |
Fase C Berdasarkan Elemen |
|
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Bilangan |
Pada
akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan
(number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat
membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan,
melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka
dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan
berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan
pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan
dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta
membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma) |
Aljabar |
Pada
akhir fase C, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam
sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 (contoh : 10 x … =
900, dan 900 : … = 10) Peserta didik
dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan
mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar
secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio
satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam
menyelesaikan masalah seharihari yang terkait dengan proporsi. |
Pengukuran |
Pada
akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai
bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya.
Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut. |
Geometri |
Pada
akhir fase C, peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang
(kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian
depan, atas, dan samping). Mereka dapat membandingkan karakteristik antar
bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka dapat menentukan lokasi pada peta
yang menggunakan sistem berpetak. |
Analisa Data danPeluang |
Pada
akhir fase C, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan
menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar,
piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi.
Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam
suatu percobaan acak. |
Tujuan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Topik/Materi |
Profile Pelajar
Pancasila |
|
Sub Topik/Sub Materi |
||||
·
Untuk
memperdalam pemahaman pecahan, memahami arti penjumlahan dan pengurangan
pecahan yang berbeda penyebut, serta mampu mengaplikasikannya. · Dapat memikirkan tentang cara menghitung penjumlahan
dan pengurangan pecahan yang berbeda penyebut dan menghitungnya. |
6 Jam |
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan |
·
Penjumlahan Pecahan ·
Pengurangan Pecahan |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis ·
Kreatif |
·
Memperdalam
pemahaman mengenai pecahan. ·
Dapat
memahami arti dari perkalian dan pembagian dari pecahan yang pengali dan
pembaginya adalah bilangan bulat, berpikir bagaimana cara menghitungnya, dan
berbagai perhitungan lainnya. |
9 Jam |
Perkalian dan
Pembagian Pecahan |
·
Perkalian Pecahan ·
Pembagian Pecahan |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis Kreatif |
·
Untuk
memperdalam pemahaman bahwa luas sebuah bangun datar dapat dihitung dan mampu
mengetahui cara menghitung luasnya. ·
Menemukan
dengan membagi luas segi banyak menjadi segitiga dan lainnya. ·
Memikirkan
cara menemukan luas segitiga, jajargenjang, belah ketupat, dan trapesium. |
13 Jam |
Luas Bangun Datar |
·
Luas Jajargenjang ·
Luas Segitiga ·
Luas Trapesium ·
Luas Belah ketupat ·
Berpikir Bagaimana Cara Menghitung Luas |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis ·
Kreatif |
·
Menggunakan
tabel untuk dapat menyelediki hubungan antara dua kuantitas yang berubah
bersama. ·
Untuk kasus
sederhana, mengetahui ada hubungan proporsional. ·
Memperdalam
pemahaman tentang kalimat matematika yang menyatakan hubungan antar
kuantitas, dan fokus pada kebersesuaian antara dua kuantitas dan bagaimana
perubahannya untuk hubungan yang dinyatakan dengan kalimat matematika
sederhana. |
6 Jam |
Perbandingan |
·
Perubahan Dua Kuantitas ·
Proporsi |
·
Beriman Bertakwa
kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis Kreatif |
·
Memperdalam
pemahaman bangun datar melalui aktivitas seperti observasi dan komposisi
bentuk. ·
Mengerti
tentang segi banyak dan segi banyak beraturan ·
Memahami
tentang rasio keliling. ·
Menggunakan
3,14 sebagai rasio keliling. |
9 Jam |
Segi Banyak
Beraturan dan Lingkaran |
·
Segi Banyak Beraturan ·
Diameter dan Keliling |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis ·
Kreatif |
·
Membantu
peserta didik memahami gambar bangun ruang melalui kegiatan seperti observasi
dan komposisi gambar. ·
Mengetahui
tentang prisma dan tabung. ·
Dapat
menggambar sketsa dan jaring-jaring. |
8 Jam |
Bangun Ruang |
·
Prisma dan Tabung ·
Sketsa dan Jaring-jaring |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis Kreatif |
·
Memungkinkan
untuk memahami tentang persentase. ·
Memahami
arti, cara menemukan dan cara membandingkan rasio, dan arti dan cara
menyatakan persentase. ·
Memahami
bagaimana menemukan kuantitas yang akan dibandingkan dan kuantitas yang akan
dijadikan dasar. ·
Memahami
cara menyelesaikan soal jika rasionya menjadi ·
Mengumpulkan
bahan sesuai dengan tujuan dan mengaturnya sehingga dapat dinyatakan
menggunakan diagram lingkaran dan grafik pita, sehingga karakteristiknya
dapat diselidiki. |
13 Jam |
Rasio dan Diagram |
·
Rasio ·
Persentase ·
Masalah Terkait Rasio ·
4 Diagram yang Menyatakan Rasio |
·
Beriman
Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ·
Berkebhinekaan
Global ·
Mandiri ·
Bernalar ·
Kritis ·
Kreatif |
No comments:
Post a Comment