Friday, August 25, 2023

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1

 

Menentukan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul ajar. Kriteria ketercapaian ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih/membuat instrumen asesmen, karena belum tentu suatu asesmen sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Pendekatan rubrik merupakan salah satu pendekatan yang paling komrehensif dan disarankan dalam menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Rubrik merupakan pedoman yang dibuat untuk menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik sehingga pendidik dapat menyediakan bantuan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja. Rubrik juga dapat digunakan oleh pendidik untuk memusatkan perhatian pada kompetensi yang harus dikuasai. Capaian kinerja dituangkan dalam bentuk kriteria atau dimensi yang akan dinilai yang dibuat secara bertingkat dari kurang sampai terbaik

 

Pendekatan deskripsi melibatkan penentuan serangkaian kriteria ketuntasan yang berkaitan dengan suatu tugas atau proyek yang ingin diukur. Misalnya, dalam tugas menulis laporan, pendidik menetapkan kriteria ketuntasan: Laporan peserta didik menunjukkan kemampuannya menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman secara jelas. Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca.

 

Untuk menggunakan interval, pendidik dan/ atau satuan pendidikan dapat menggunakanrubrik maupun nilai dari tes. Pendidik menentukan terlebih dahulu intervalnya dantindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik. Contoh : untuk nilai yang berasal dari nilai tes tertulis atau ujian, pendidik menentukan interval nilai. Setelah mendapatkan hasil tes, pendidik dapat langsung menilai hasil kerja peserta didik dan menentukan tindak lanjut sesuai dengan intervalnya.

 

1. Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman Tentang Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Serangkaian kriteria indikator yang menunjukkan proses peserta didik untuk mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran dikenal dengan istilah …

Jawaban : Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

Di bawah ini merupakan pendekatan yang dapat digunakan pendidik dalam menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, KECUALI…

Jawaban : Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portofolio

 

Latihan Pemahaman Pendekatan untuk Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Di bawah ini, pernyataan yang paling tepat terkait pendekatan rubrik adalah...

Jawaban : Kriteris dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman murid

Manakah alur yang tepat yang dilakukan Ibu Amrita untuk membuat deskripsi kriteria?

Jawaban : Memeriksa prasyarat kompetensi, menetapkan indikator tujuan pembelajaran, menyusun intreumen sesuai dengan kompetensi dan bentuk asesmen

Hal-hal berikut ini yang tidak ditetapkan pada saat membuat pendekatan interval nilai adalah...

Jawaban : Capaian pembelajaran

 

2. Post Test

1.

Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

A.

KKM dirumuskan di awal tahun ajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dirumuskan di tengah proses belajar

B.

KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik

C.

KKM dirumuskan oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru

D.

KKM tidak dapat berubah sepanjang tahun, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi

Pembahasan :
Jawaban : B

2.

Fungsi kolom “Kesimpulan” baik pada rubrik, deskripsi kriteria, dan skala interval nilai berfungsi untuk …

A.

Menentukan predikat ‘lulus’ atau ‘tidak lulus’ bagi peserta didik

B.

Memberikan informasi bahwa peserta didik sudah mengumpulkan tugasnya

C.

Menentukan skor atau nilai yang diperoleh peserta didik

D.

Menentukan kualitas tugas peserta didik sekaligus menunjukkan bentuk intervensi yang perlu dilakukan oleh pendidik

Pembahasan :
Jawaban : D

3.

Keempat pernyataan di bawah ini menjelaskan tentang hubungan antara kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan asesmen. Manakah pernyataan yang kurang tepat mengenai hubungan keduanya?

A.

Asesmen dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan dua komponen yang saling terpisah dan tidak berkaitan

B.

Asesmen yang disusun harus selaras dari kriteria ketercapaian tiap tujuan pembelajaran

C.

Saat pendidik merancang asesmen, maka mereka perlu menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajarannya pula

D.

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi acuan dalam perumusan deskripsi kriteria pada instrumen asesmen

Pembahasan :
Jawaban : A

4.

Pendekatan yang dapat memberikan deskripsi dan tahapan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan sangat komprehensif ialah pendekatan...

A.

Deskripsi kriteria

B.

Rubrik

C.

Interval nilai

D.

Bloom

Pembahasan :
Jawaban : B

5.

Ibu Sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera "peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara". Berikut ini indikator kompetensi yang tepat untuk membantu ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah….

A.

Peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runut

B.

Peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baik

C.

Peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baik

D.

Peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik

Pembahasan :
Jawaban : A

6.

Dari hasil asesmen olahraga kasti yang dilakukan, Pak Arto mendapati bahwa mayoritas murid kelas 5 mendapat poin di bawah 75. Bagi Pak Arto, data ini …

A.

Merupakan nilai akhir saja

B.

Adalah cerminan bahwa murid kelas 5 tidak tangkas

C.

Menjadi informasi bahwa kasti adalah olahraga yang sulit

D.

Menjadi dasar untuk memperbaiki perencanaan dan rancangan kegiatan olahraga kasti berikutnya

Pembahasan :
Jawaban : D

7.

Setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan…

A.

Performa belajar peserta didik

B.

Indikator belajar peserta didik

C.

Media belajar peserta didik

D.

Model belajar peserta didik

Pembahasan :
Jawaban : B

8.

Bu Ida sedang mengajarkan materi Bahasa Indonesia pada fase B. Saat membuat deskripsi kriteria, Bu Ida mengambil tujuan pembelajaran sebagai berikut “Peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara”. Indikator tujuan pembelajaran yang tepat adalah….

A.

Peserta didik mampu menghubungkan kausalitas disertai dengan argumen yang logis berdasarkan wawancara

B.

Peserta didik mampu membacakan laporan berdasarkan urutan waktu kejadian

C.

Peserta didik mampu melibatkan narasumber dalam pengamatan

D.

Peserta didik mampu menuliskan kejadian dari sumber referensi yang mendukung dalam laporan

Pembahasan :
Jawaban : D

9.

Interval nilai olahraga kasti:

1.       0 – 40 Belum mencapai, remedial di seluruh bagian

2.      41 – 75 Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian tertentu

3.      76 – 100 Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial

4.      101 – 150 Di atas ketuntasan, perlu pengayaan

Ternyata, dari total 30 peserta didik di kelas, 20 diantaranya mendapat nilai 60, karena kemampuan menangkap bola yang perlu ditingkatkan. Contoh tindak lanjut yang bisa diberikan bagi para peserta didik tersebut adalah…

A.

Mengulang asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan

B.

Mengulang asesmen untuk seluruh kelas

C.

Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner)

D.

Tidak perlu ada pengulangan apapun

Pembahasan :
Jawaban : C

10.

Berikut ini yang bukan tujuan utama dari hasil asesmen menggunakan interval nilai, yaitu…

A.

Mendapat pemetaan kemampuan peserta didik di kelas

B.

Merancang proses pembelajaran berikutnya

C.

Bahan akreditasi sekolah

D.

Mengevaluasi proses pembelajaran

Pembahasan :
Jawaban : C

11.

Apa perbedaan paling mendasar antara pendekatan menggunakan deskripsi kriteria dengan pendekatan rubrik?

A.

Pada pendekatan rubrik penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif, dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria

B.

Pendekatan rubrik lebih memakan waktu, sementara pendekatan deskripsi kriteria lebih singkat waktunya

C.

Pendekatan rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek jangka panjang, sementara pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk proyek jangka pendek sampai menengah

D.

Pendekatan rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan pada pendekatan deskripsi kriteria hanya terdapat 2 tahap

Pembahasan :
Jawaban : A

12.

Setiap tahapan pada pendekatan rubrik, selalu memuat deskripsi berdasarkan…

A.

Performa belajar peserta didik

B.

Indikator belajar peserta didik

C.

Media belajar peserta didik

D.

Model belajar peserta didik

Pembahasan :
Jawaban : B

13.

Dalam setiap tahapan pendekatan rubrik yang memuat deskripsi berdasar pada ...

A.

Model belajar dari murid

B.

Indikator belajar pada murid

C.

Performa belajar dari murid

D.

Media belajar pada murid

Pembahasan :
Jawaban : B

 

Demikian pembahasan mengenai Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

No comments:

Post a Comment

Soal UJian Sekolah Kelas 6 IPA 2024

  PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG (PSAJ) TAHUN PELAJARAN 2 023 / 2 024   Mata Pelajaran                          : IPA Kelas/Semest...