Monday, April 22, 2024

Kisi Kisi UJian Sekolah Kelas 6 IPA 2024

 

KISI KISI UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Tirtawinaya 1 

Mata Pelajaran : IPA

Kelas                           : VI

 

Alokasi Waktu       : 90 Menit

Kurikulum              : 2013

Bentuk Soal           : 35 PG dan 5 Uraian

 

Kompetensi Dasar

Kelas/Smstr

Materi Pokok

Indikator

Level Kognitif

Bentuk Soal

L1

L2

L3

PG

Uraian

3.1

Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan

IV

Bagian tubuh tumbuhan

Disajikan gambar bagian tubuh tumbuhan, peserta didik dapat menyebutkan nama dan fungsi bagian tersebut dengan benar

 

 

 

1

 

3.5

Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

 

Energi alternatif dan kegunaannya

Disajikan ilustrasi/grambar, peserta didik dapat menerapkan energi alternatif dan cara penggunaannya dengan benar

 

 

 

2

 

3.6

Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran

 

Bunyi

Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung dengan benar

 

 

 

3

 

3.7

Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan

 

Sifat-sifat cahaya

Disajikan gambar sifat cahaya, peserta didik dapat menganalisis sifat cahaya tersebut dengan benar

 

 

 

4

 

3.8

Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

 

Menjaga energy listrik

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat mencontohkan cara menghemat energy dengan benar

 

 

 

5

 

3.3

Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan

 

Jenis-jenis gaya

Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis gaya yang dimanfaatkan pada alat tertentu dengan benar

 

 

 

6

 

3.1

Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

V

Alat gerak pada hewan

Peserta didik dapat menyebutkan alat gerak pada hewan dengan tepat!

 

 

 

7

 

3.2

Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

 

Alat pernapasan manusia

Peserta didik dapat menyebutkan fungsi bagian alat pernapasan dengan benar

 

 

 

8

 

3.3

Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

 

Sistem pencernaan manusia

Disajikan gambar sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk dengan benar

 

 

 

9

 

3.4

Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

 

Peredaran darah

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian peredaran darah besar dengan benar

 

 

 

10

 

3.5

Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

 

Rantai makanan

Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik dapat menentukan peran dalam rantai makanan dengan benar

 

 

 

11

 

3.6

Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

 

Konduktor/isolator

Disajikan berbagai nama benda peserta didik dapat menentukan benda-benda yang termasuk isolator atau konduktor panas

 

 

 

12

 

3.6

Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

 

Perpindahan kalor

Disajikan ilustrasi peserta didik dapat menjelaskan akibat peristiwa perpindahan kalor dengan tepat.

 

 

 

13

 

3.7

Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

 

Perubahan wujud benda

Peserta didik dapat menganalisis perubahan wujud benda dengan benar

 

 

 

14

 

3.7

Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

 

Perubahan wujud benda

Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis perubahan wujud benda denagn benar

 

 

 

15

 

3.1

Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

VI

Perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Disajikan gambar tumbuhan, peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu dengan benar

 

 

 

16

 

Peserta didik dapat menentukan pasangan antara jenis tumbuhan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam table dengan tepat

 

 

 

17

 

Disajikan gambar hewan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakan hewan dengan tepat

 

 

 

18

 

3.2

Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi

VI

Pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi

Peserta didik dapat menentukan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan yang disajikan dalam tabel dengan tepat

 

 

 

19

 

Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan alat reproduksi dengan benar

 

 

 

21

 

Peserta didik dapat menentukan tahapan pertumbuhan pada manusia dengan benar

 

 

 

20

 

Peserta didik dapat mengetahui cara menyikapi masa pubertas dengan benar

 

 

 

22

 

3.3

Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

 

VI

Hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya

 

 

 

23

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis bentuk adaptasi makhluk hidup dengan tepat!

 

 

 

24

 

Disajikan tabel, peserta didik dapat mengelompokkan hubungan antarmakhluk hidup dengan lingkungannya dengan tepat

 

 

 

25

 

3.4

Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

VI

Rangkaian Listrik

Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan kelebihan dan kekurangan ragkaian tersebut dengan tepat

 

 

 

26

 

Peserta didik dapat mengetahui fungsi salah satu komponen listrik dengan tepat

 

 

 

27

 

3.5

Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari

VI

Sifat-sifat magnet

Peserta didik dapat mengidentifikasikan sifat-sifat magnet dengan benar

 

 

 

28

 

Disajikan tabel, peserta didik dapat mengelompokkan yang termasuk kelemahan rangkaian seri

 

 

 

29

 

3.6

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

VI

Listrik

Peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keselamatan dalam menggunakan listrik dengan tepat

 

 

 

30

 

Peserta didik dapat menentukan cara menghemat listrik dengan tepat

 

 

 

31

 

3.7

Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya

 

VI

Sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengelompokkan yang termasuk planet dalam

 

 

 

32

 

Disajikan ciri-ciri suatu planet, peserta didik dapat mengidentifikasi nama planet berdasarkan ciri tersebut dengan benar

 

 

 

33

 

3.8

Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

VI

Rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

Disajikan tabel peristiwa bumi, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang merupakan akibat rotasi/revolusi bulan/bumi dengan tepat

 

 

 

34

 

 

 

 

 

Disajikan gambar skema gerhana, peserta didik dapat menentukan gerhana dengan tepat

 

 

 

35

 

3.2

Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya

IV

Metamorfosis pada hewan

Peserta didik dapat menjelaskan tahapan metamorfosis kupu-kupu yang benar

 

 

 

 

36

3.6

Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari

V

Perpindahan panas

Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam perpindahan kalor

 

 

 

 

37

3.4

Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

VI

Sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat menjelaskan cara pembuatan magnet dengan tepat

 

 

 

 

38

3.5

Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari

Komponen listrik dan fungsinya

Peserta didik dapat menyebutkan komponen yang diperlukan dalam membuat rangkaian listrik sederhana

 

 

 

 

39

3.6

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

Sistem tata surya

Peserta didik dapat menjelaskan salah satu ciri planet dengan benar

 

 

 

 

40

       

NB : LEVEL KOGNITIF

1.      L1 : Pemahaman/Pengetahuan (Mudah)

2.      L2 : Aplikasi (Sedang)

3.      L3 : Penalaran (Sukar)

 

No comments:

Post a Comment

Soal UJian Sekolah Kelas 6 IPA 2024

  PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG (PSAJ) TAHUN PELAJARAN 2 023 / 2 024   Mata Pelajaran                          : IPA Kelas/Semest...