KISI
KISI UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2023/2024
Satuan Pendidikan : SD Negeri Tirtawinaya 1 Mata
Pelajaran : IPA Kelas : VI |
|
Alokasi
Waktu : 90 Menit Kurikulum
: 2013 Bentuk
Soal : 35 PG dan 5 Uraian |
Kompetensi
Dasar |
Kelas/Smstr |
Materi
Pokok |
Indikator |
Level
Kognitif |
Bentuk
Soal |
||||
L1 |
L2 |
L3 |
PG |
Uraian |
|||||
3.1 |
Menganalisis
hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan |
IV |
Bagian tubuh
tumbuhan |
Disajikan gambar bagian tubuh tumbuhan, peserta
didik dapat menyebutkan nama dan fungsi bagian tersebut dengan benar |
|
|
|
1 |
|
3.5 |
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari-hari |
|
Energi
alternatif dan kegunaannya |
Disajikan ilustrasi/grambar, peserta didik dapat
menerapkan energi alternatif dan cara penggunaannya dengan benar |
|
|
|
2 |
|
3.6 |
Menerapkan
sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran |
|
Bunyi |
Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda yang
dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung dengan benar |
|
|
|
3 |
|
3.7 |
Menerapkan
sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan |
|
Sifat-sifat
cahaya |
Disajikan gambar sifat cahaya, peserta didik dapat
menganalisis sifat cahaya tersebut dengan benar |
|
|
|
4 |
|
3.8 |
Menjelaskan
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya |
|
Menjaga energy
listrik |
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat
mencontohkan cara menghemat energy dengan benar |
|
|
|
5 |
|
3.3 |
Mengidentifikasi
macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan |
|
Jenis-jenis
gaya |
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan
jenis-jenis gaya yang dimanfaatkan pada alat tertentu dengan benar |
|
|
|
6 |
|
3.1 |
Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia |
V |
Alat gerak
pada hewan |
Peserta didik dapat menyebutkan alat gerak pada
hewan dengan tepat! |
|
|
|
7 |
|
3.2 |
Menjelaskan
organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara
kesehatan organ pernapasan manusia |
|
Alat
pernapasan manusia |
Peserta didik dapat menyebutkan fungsi bagian alat
pernapasan dengan benar |
|
|
|
8 |
|
3.3 |
Menjelaskan
organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan organ pencernaan manusia |
|
Sistem
pencernaan manusia |
Disajikan gambar sistem pencernaan makanan,
peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk dengan benar |
|
|
|
9 |
|
3.4 |
Menjelaskan
organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia |
|
Peredaran
darah |
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
peredaran darah besar dengan benar |
|
|
|
10 |
|
3.5 |
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan
sekitar |
|
Rantai makanan |
Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik
dapat menentukan peran dalam rantai makanan dengan benar |
|
|
|
11 |
|
3.6 |
Menerapkan
konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
|
Konduktor/isolator |
Disajikan berbagai nama benda peserta didik dapat
menentukan benda-benda yang termasuk isolator atau konduktor panas |
|
|
|
12 |
|
3.6 |
Menerapkan
konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
|
Perpindahan
kalor |
Disajikan ilustrasi peserta didik dapat
menjelaskan akibat peristiwa perpindahan kalor dengan tepat. |
|
|
|
13 |
|
3.7 |
Menganalisis
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari |
|
Perubahan
wujud benda |
Peserta didik dapat menganalisis perubahan wujud
benda dengan benar |
|
|
|
14 |
|
3.7 |
Menganalisis
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari |
|
Perubahan
wujud benda |
Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis
perubahan wujud benda denagn benar |
|
|
|
15 |
|
3.1 |
Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
VI |
Perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan |
Disajikan gambar tumbuhan, peserta didik dapat
menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu dengan benar |
|
|
|
16 |
|
Peserta didik dapat menentukan pasangan antara
jenis tumbuhan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam table
dengan tepat |
|
|
|
17 |
|
||||
Disajikan gambar hewan, siswa dapat menentukan
cara perkembangbiakan hewan dengan tepat |
|
|
|
18 |
|
||||
3.2 |
Menghubungkan
ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi |
VI |
Pubertas pada
laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi |
Peserta didik dapat menentukan ciri pubertas pada
laki-laki dan perempuan yang disajikan dalam tabel dengan tepat |
|
|
|
19 |
|
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya menjaga
kesehatan alat reproduksi dengan benar |
|
|
|
21 |
|
||||
Peserta didik dapat menentukan tahapan pertumbuhan
pada manusia dengan benar |
|
|
|
20 |
|
||||
Peserta didik dapat mengetahui cara menyikapi masa
pubertas dengan benar |
|
|
|
22 |
|
||||
3.3 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan |
VI |
Hubungan antar
makhluk hidup dengan lingkungannya |
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat
mengidentifikasi hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya |
|
|
|
23 |
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis
bentuk adaptasi makhluk hidup dengan tepat! |
|
|
|
24 |
|
||||
Disajikan tabel, peserta didik dapat
mengelompokkan hubungan antarmakhluk hidup dengan lingkungannya dengan tepat |
|
|
|
25 |
|
||||
3.4 |
Mengidentifikasi
komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana |
VI |
Rangkaian
Listrik |
Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik
dapat menentukan kelebihan dan kekurangan ragkaian tersebut dengan tepat |
|
|
|
26 |
|
Peserta didik dapat mengetahui fungsi salah satu komponen
listrik dengan tepat |
|
|
|
27 |
|
||||
3.5 |
Mengidentifikasi
sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari |
VI |
Sifat-sifat
magnet |
Peserta didik dapat mengidentifikasikan
sifat-sifat magnet dengan benar |
|
|
|
28 |
|
Disajikan tabel, peserta didik dapat mengelompokkan
yang termasuk kelemahan rangkaian seri |
|
|
|
29 |
|
||||
3.6 |
Menjelaskan
cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik |
VI |
Listrik |
Peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga
keselamatan dalam menggunakan listrik dengan tepat |
|
|
|
30 |
|
Peserta didik dapat menentukan cara menghemat
listrik dengan tepat |
|
|
|
31 |
|
||||
3.7 |
Menjelaskan
sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya |
VI |
Sistem tata
surya dan karakteristik anggota tata surya |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengelompokkan
yang termasuk planet dalam |
|
|
|
32 |
|
Disajikan ciri-ciri suatu planet, peserta didik
dapat mengidentifikasi nama planet berdasarkan ciri tersebut dengan benar |
|
|
|
33 |
|
||||
3.8 |
Menjelaskan
peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana
matahari |
VI |
Rotasi dan
revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari |
Disajikan tabel peristiwa bumi, peserta didik
dapat menentukan peristiwa yang merupakan akibat rotasi/revolusi bulan/bumi
dengan tepat |
|
|
|
34 |
|
|
|
|
|
Disajikan gambar skema gerhana, peserta didik
dapat menentukan gerhana dengan tepat |
|
|
|
35 |
|
3.2 |
Membandingkan
siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya
pelestariannya |
IV |
Metamorfosis
pada hewan |
Peserta didik dapat menjelaskan tahapan
metamorfosis kupu-kupu yang benar |
|
|
|
|
36 |
3.6 |
Menerapkan
konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
V |
Perpindahan
panas |
Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam
perpindahan kalor |
|
|
|
|
37 |
3.4 |
Mengidentifikasi
komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana |
VI |
Sifat-sifat
magnet dalam kehidupan sehari-hari |
Peserta didik dapat menjelaskan cara pembuatan
magnet dengan tepat |
|
|
|
|
38 |
3.5 |
Mengidentifikasi
sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari |
Komponen
listrik dan fungsinya |
Peserta didik dapat menyebutkan komponen yang
diperlukan dalam membuat rangkaian listrik sederhana |
|
|
|
|
39 |
|
3.6 |
Menjelaskan
cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik |
Sistem tata
surya |
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu ciri
planet dengan benar |
|
|
|
|
40 |
NB : LEVEL
KOGNITIF
1. L1 :
Pemahaman/Pengetahuan (Mudah)
2. L2 : Aplikasi
(Sedang)
3. L3 : Penalaran
(Sukar)
No comments:
Post a Comment