Wednesday, February 22, 2023

RPP Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat (Subtema 3)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

(Tatap Muka)

 

       Sekolah                 :  SDN Tirtawinaya 1

                                           Kelas/Semester     :  V (Lima) / 1 (satu)

                                           Tema                    :  Makanan Sehat  (Tema 3)

                                           Subtema               :  Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat 

                                                                            (Subtema 3)

                                           Pembelajaran ke   :  1

                                           Alokasi Waktu     :  1 hari

 

A.    Kompetensi Inti (KI)

 

KI 1

:

Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta tanah air.

KI 3

:

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4

:

Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

 

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi *)

IPA

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.

 

3.3.1 Menganalisis fungsi dari tiap – tiap bagian organ pencernaan. C4

3.3.2 Menganalisis macam-macam Penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia. C4

4.3 menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.

 

4.3.1 Mempresentasikan hasil karya tentang fungsi dari tiap – tiap bagian organ pencernaan.

 

C.    Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan menyimak video pembelajaran tentang organ pencernaan manusi, peserta didik mampu menganalisis fungsi organ pecernaan manusia dan cetak dengan benar.

2.      Melalui diskusi tentang organ pecernakan peserta didik mampu menganalisis fungsi dari tiap – tiap organ pencernaan dengan benar

3.      Melalui diskusi tentang berbagai penyakit organ pecernakan peserta didik mampu menganalisis berbagai penyakit yang menyerang organ pencernaan dengan benar

4.      Melalui presentasi peserta didik mampu menyampaikan hasil karya berupa bagan sederhana mengenai fungsi dari tiap – tiap organ pencernaan dan berbagai penyakit yang mempengaruhi organ pencernaan manusia dalam bentuk bagan sederhana dengan tepat.

D.       Materi Pembelajaran

 Fungsi organ pencernaan.

 

E.    Metode Pembelajaran

Model             : Problem Based Learning

Pendekatan    : Scientific

Metode           : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

F.   Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

DeskripsiKegiatan

Alokasi

Waktu

KEGIATAN PENDAHULUAN

·          Guru memberikan salam, menunjuk  salah satu peserta didik untuk memimpin berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.

·         Guru mengecek kesiapan diri, memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·         Peserta didik Menyanyikan lagu  “Indonesia Raya” bersama-sama dengan sikap tegak.

·         Guru memeriksa kehadiran

·         Guru melakukan apersepsi, menanyakan kegitan membantu orang tua di rumah dan kebiasaan makan makanan sehat.

 

KEGIATAN INTI

 

 

Mengorientasi peserta didik pada masalah

·         Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kegitan sehari – hari peserta didik.

·         Guru menampilkan vidio  animasi tentang proses pencernaan manusia .

 (TPACK )

Guru meminta peserta didik untuk mengamati vidio yang di tanyangkan. (C4, Menganalisis)

 

·         Guru memberikan pertanyaan kepada Pesrta didik secara individual untuk mengukur kemampuan.

(Critical Thinking)

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

·         Guru memberikan bahan ajar pada  peserta didik.

·         Guru membagikan LKPD  Organ pencernaan Manusia

 

Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok.

·         Peserta didik berdiskusi mengerjakan laporan yang terdapat di LKPD. (Collaboratively)

(C4, Menganalisis)

·         Guru mengamati peserta didik dengan berkeliling kelas sekaligus juga membantu jika ada peserta didik yang masih belum memahami langkah kerja.

·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik jika ada hal yang ingin ditanyakan.

·         Guru melakukan penilaian terhadap setiap kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik.

 

 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

·         Peserta didik  mengerjakan laporan yang terdapat di LKPD. (Collaboratively)

·         Secara berkelompok peserta didik memperagakan Iklan Obat sakit Perut (Creativity)

·         Perwakilan ketua kelompok  menyajikan menerangkan hasil kerja kelompoknya mengenai fungsi organ pencernaan manusia. (Communication )

·         Peserta didik yang lain mengomentari hasil presentasi kelompok lain.

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

·         Guru melakukan pengamatan untuk menilai sikap dan keterampilan peserta didik

·         Peserta didik dan Guru menyimpulkan dan membuat rangkuman hasil presentasi. (Collaboratively)

·         Guru melakukan Ice Breaking

·         Guru memberikan Motivasi yang berkaitan dengan materi “Makanan Sehat”

·         Guru melakukan evaluasi dengan memberikan Lembar Evaluasi

 

PENUTUP

·         Guru dan peserta didik melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:

o   Apa yang kamu pelajari hari ini?

Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab peserta didik secara lisan atau tulisan.

·         Pesertan didik  bersama sama membuat  kesimpulan / rangkuman hasil belajar. (Collaboratively)

·         Memberikan tugas pekerjaan rumah

·         Mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

 

 

 

 

 

 

 

G.  Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

1.      Media/alat :  LKPD, Laptop, proyektor.

2.      Sumber Belajar :

Buku Pedoman Guru Tema : Makanan Sehat Kelas V  (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Buku Siswa Tema : Makanan Sehat Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Modul Bahan Ajar : Iklan Elektronik, Fungsi organ pencernaan.

    Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=ZqvzNA4EW_M

 

H.  Penilaian

1.    Penilaian Sikap: Lembar Observasi

2.    Penilaian Pengetahuan: Tes

3.     Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

 

 

I.     Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran

1)      Program Remedial dilaksanakan setelah dilakukan analisis terhadap hasil evaluasi belajar peserta didik. Remidial dilakukan apabila peserta didik mendapatkan nilai kurang dari KKM .

2)      Program Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah mampu menguasai pembelajaran yaitu pada peserta didik yang telah mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan KKM.

 

No comments:

Post a Comment

Soal UJian Sekolah Kelas 6 IPA 2024

  PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG (PSAJ) TAHUN PELAJARAN 2 023 / 2 024   Mata Pelajaran                          : IPA Kelas/Semest...